Abdul Latif al-Farizy

menjalin silaturahmi

Minggu, 20 Februari 2011

SIFAT WAJIB BAGI ALLAH (SIFAT 20 BAGI ALLAH)

SIFAT WAJIB BAGI ALLAH (SIFAT DUA PULUH BAGI ALLAH)

1. Wujud

Wujud berarti Allah itu Maka mustahila Allah itu tiada (adam) Allah berfirman di dalam al-Qur’an yang artinya dialah Allah yang menciptakan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi serta benda-benda yang berada di antara langit dan bumi. Maka dari itu di wajibkan kepadamanusia mukmin untuk inget selalu akan keesaan allah

2. Qidam

Qidam berarti Allah itu terdahulu/yang pertama maka mustahil Allah itu baru/ diawali oleh adam (kudus) Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya Allah itu yang pertama dan yang terakhir, maka dari itu di wajibkan kepada umat mukmin agar selaluu bersyukur kepada Allah SWT yang telah menjadikan iman islam berkat perotolonganya.

3. Baqa

Baqa berarti Allah itu kekal maka mustahil Allah itu binasa (fana) Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya kekal dzat tuhan kalian yang maha agung dan yang maha muliya, maka darituu di wajibkan kepada umat mukmin harus mengingat selalu kepada kematian agar bisa taubat sebelum mati.

4. Mukhalafatul lilhawaditsi

Mukhalafatul lilhawaditsi berarti berbeda Allah Dengan makhluknya (tidak serupa dengan makhluknya) mustahil Allah itu Allah sama dengan makhluknya (mumatsalatul lil hawaditsi) Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya tidak ada yang serupa Allah terhadap suatu perkara. Maka dari itu di wajibkan kepada umat (manusia) mukmin, harus banyak-banyak membaca tasbih kepada Allah SWT .

5. Qiyamuhu binafsihi

Qiyamuhu binafsihi berarti berdiri Allah itu dengan sendirinya maka mustahil butuh Allah terhadap tempat dan kepada yang menentukan atau butuh terhadap makhluknya (ikhtiyaju ilala mahali wal mukhotsisi). Allah berfirman di dalam al-Qur’an yang artinya sesungguhnya Allah itu sangat kaya dari seluruh alam(al-ankabut:6, maka dari itu diwajibkan kepad umat (manusia)mukmin harus memprlihatkan kebutuhanya , kefakiranya serta harus memperbanyak berdo’a kepada Allah SWT.

6. Wahdaniah

Wah daniyah berarti satu atau esa( satu dzatnya , satu sifatna dan satu buatanya/af’alnya, maka mustahil Allah itu berbilang/banyak (ta’adud). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya katakanlah wahay Muhammad Allah itu satu (al-ikhlas:1). Maka dari itu kepada orang mukmin yang meyakini siafat wahdaniyah , kita harus melihat kepada seluruh ciptaan Allah SWT saja, dari setip kejadian-kejadian.

7. Kudrat

Kudrat berarti Allah itu berkuasa maka mustahil Allah itu tidak berkuasa/lemah (‘ajaz). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya sesungguhnya allah SWT kepada sgala kegiatan (kejadian) itu berkuasa , maka dari itu kepada orang-orang mukmin yang bertekad terhadap sifat tersebut harus tawadu, tidak sombong, rendah hati serta harus takut kepada Allah SWT, sebab Allah SWT itu sangat berkuasa.

8. Irodat

Irodat berarti Allah itu berkehendak maka mustahil Allah itu terpaksa dalam melakukan sesuatu hal (karohah). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya membuat Allah kepada Barang yang di kehendaki oleh Allah SWT. Diwajibkan kepada orang-orang mukmin untuk selalu berdo’a kepada Allah SWt

9. Ilmu

Ilmu berarti Allah itu mengetahui maka mustahil Allah itu bodoh (jahlun/jahal) . Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya Allah SWt terhadap segala sesuatu kejadian mengetahuinya, maka dari itu kepada orang-orang mukmin yang taklid yaitu harus janga berani-berani melakukan perbuatan yang berdosa sebab Allah SWt mengetahuinya.

10. Hayat

Hayat berarti Allah itu Hidup maka mustahil Allah itu mati/meninggal (maut). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya Allah itu hidup yang tidak akan pernah kedatangan akan kematian/ tidak ada kata mati. Maka dari itu kepada seluruh orang-orang mukmin yang bertaklid harus tawakal, dan hanya memasrahkan diri kepada Allah SWT.

11. Sama’

Sama’ berarti Allah itu mendengar maka mustahil Allah itu tuli (shomam). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya sesungguhnya Allah itu yang maha mendengar serta yang maha mengetahui . maka di wajibkan kepada orang-orang mukmin yang bertaklid/menyakini di dalam hati jangan berani-berani mengeluarkan pembicaraan(omongan) yang haram-haram (yang jelek) sebab Allah SWt itu mendengar kepada semua ucapan tersebut.

12. Basar

Basar berarti Allah itu maha melihat,maka mustahil allah itu buta (‘amaa). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya Allah itu yang melihat terhadap segala perkara atau kejadian apa saja yang dilakukan oleh kalian semua. Maka dari itu di wajibkan kepada orang-orang mukmin yang menyakini di dalam hati( beriman) jangan berani-berani melakukan kemaksiatan atau pekerjaan yang jelek-jelek sebab Allah SWt itu jelas-jelaas melihat terhdap pekerjaan tersebut.

13. Kalam

Kalam berarti berbicara/berkata-kata maka mustahil Allah itu bisu/bungkam (bakam). Allah berfirman di dldalam al-Qur’an yang artinya sudah berbicara Allah kepada nabi musa dengan pembicaraan yang sempurna, maka dari itu di wajibkankepada orang-orang mukmin harus meperbanyak dzikir kepada allah SWT agar kita di ucapkan oleh Allah SWT

14. Munkoridan (kuasa) mustahil lemah (ajaz)

15. Muridan (berkehendak) mustahil terpaksa (karohah)

16. Aliman (mengetahui) mustahil bodoh (jahlun /jahal)

17. Hayat (hidup) mustahil mati/ meninggal (maut)

18. Sami’an (mendengar) mustahil tuli (sauma’)

19. Sami’an (melihat) mustahil buta (‘amaa)

20. Muntakaliman (berbicara) mustahil bisu ( bakam)



SIFAT BAGI ALLAH (20) DI BAGI MENJADI 4

1. Nafsiayah (1)

a. Wujud

2. Salbiayah (5)

a. Qidam

b. Baqa

c. Mukhalafatul ilhawaditsi

d. Kiyamuhu binafsihi

e. wahdaniyah

3. Ma’ani (7)

a. Kudrat

b. Irodat

c. Ilmu

d. Hayat

e. Sama’

f. Basar

g. Kalam

4. Ma’nawiyah (7)

a. Munkodran

b. Muridan

c. Aliman

d. Hayan

e. Sami’an

f. Basiran

g. muntakaliman

Tidak ada komentar: